5cm

setiap kamu punya mimpi atau keinginan atau cita - cita, kamu taruh di sini, di depan kening kamu, jangan menempel, biarkan dia mengantung, mengambang, 5 centimeter di depan kening kamu, jadi dia nggak akan pernah lepas dari mata kamu

Rabu, 19 Desember 2012

Bule Juga Manusia


 
Bule Juga Manusia
(petualangan turis gila di indonesia) - Richard Miles

Bukune

sinopsis :

Pertama kali menginjakkan kaki di Indonesia, perut gue udah terasa mules. Setibanya di rumah teman di makasar, gue kebelet boker. Langsung saja gue menuju kamar mandi dan menuaikan 'urusan' gue. Setelah selesai, gue baru sadar kalau di toilet nggak ada tisu, hanya ada gayung/timba, ember, dan air. FYI: Orang Australia dibesarkan memakai tisu kertas atau kadang-kadang tisu basah untuk cebok. Soalnya, di Australia, 99% rumah tidak menyediakan selang air atau bak mandi, apalagi gayung, buat cebok.

Bang Ridwan, temen gue bilang, "Tisu versus Air- a serious clash of civilization." Bagi Bule, air dan tangan itu kombinasi yang najis, sementara buat orang Indonesia, cebok pakai tisu itu haram.

Anyway, akhirnya gue berusaha memakai gayung untuk menyiram air ke pantat. Alhasil- kaki dan celana gue basah. Gue putus asa dan... pelan-pelan mulai memakai tangan gue sebagai tisu WC.

Ini najis. Saat itu, gue pengin nangis.
______

Richard Miles a.k.a Bule Ngehe yang jago berbahasa Indonesia ini memiliki segudang pengalaman konyol saat berkunjung ke indonesia. Berbeda dengan bule lain yang tertarik kepada budaya tradisional, bule yang satu ini justru tertarik sama grup band Sheila on 7 dan Gigi. Lewat buku pertamanya, Richard tidak malu membuka aib-nya sendiri, mulai dari pengalaman pertama berhadapan dengan WC jongkok hingga tragedi busway yang membuatnya trauma. Tapi tetap, Richard cinta Indonesia.

Kata @piipiittt tentang buku ini :

huaaaaa,, pipit pengen ketemu dengan Richard >_< ,, Bule Gila asal Australia ini sering menganggap dirinya terlalu Indonesia. Ia mengungkapkan kecintaannya pada Indonesia lewat Buku ini. Richard menguasai bahasa Indonesia dengan sangat baik. Sehingga dia pernah dikeluarkan dari kelas bahasa Indonesia, gara-gara menjawab pertanyaan gurunya dengan bahasa betawi tapi dengan aksen jawa yang medok. Sejak kecil Richard sudah belajar bahasa Indonesia di sekolahnya di Adelaide, Australia. Dulu ia mengira Indonesia itu berada di sekitaran Thailand. Awalnya ia merasa asing dengan bahasa Indonesia, tapi ia tetap memilih Bahasa indonesia sebagai mata pelajaran pilihan sampai sekolah menengah.Dan ketika dia menonton film Ada Apa Dengan Cinta yang menghebohkan itu, dia merasa harus belajar ulang bahasa Indonesia. dia juga suka lagu - lagu indonesia, band iIndonesia favorit Richard ialah Sheila On 7.
 
 
nah thu,, bule aja cinta Indonesia dan cinta Bahasa Indonesia, lantas kenapa kamu kamu dan kamu masih menggunakan bahasa 4l4y,, ??! Bahasa Indonesia saja dijadikan mata pelajaran pilihan wajib di luar negeri, lantas kenapa kamu kamu dan kamu tidak mau belajar Bahasa Indonesia, ??!
 
Ayo kita mulai cintai negeri ini, dengan memulaiberbahasa Indonesia yang baik dan benar,,

Salam Galauu  @piipiittt

3 komentar:

  1. ahahah lucu banget kayaknya bukunya :D

    anyway, join my giveaway!
    win IDR50.000,- gift vouchers
    and get all stuffs with a half price! ❤

    BalasHapus
  2. orang bule memang kemproh, boro2 pake tisu basah, dia pakeknya cuman tisu kering buat ngelap abis itu ya udah....haram dan najis kaya tai anjing
    kaya gitu kok banyak orang indon yg pengin kawin sama bule kopet hoekkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk

    BalasHapus